Ini yang Bikin Orang Happy dan Tak Mudah Stres Setelah Olahraga

Kamis, 21 Juni 2012 | komentar



Jakarta, Olahraga tidak hanya membuat seseorang memiliki tubuh yang sehat dan kuat, tapi juga bisa membuat orang terlihat lebih bahagia atau tidak mudah stres. Apa penyebabnya?

National Institute for Health and Clinical Excellence di Inggris menuturkan olahraga bisa meningkatkan fungsi otak serotonin pada manusia, dan serotonin ini adalah bahan kimia di otak yang membantu menggerakkan pesan di sepanjang sistem saraf.

Neurotransmitter ini melakukan banyak fungsi termasuk pengatur suasana hati, nafsu makan dan juga siklus tidur atau bangun. Sekitar 75 persen dari senyawa kimia ini terletak di sel-sel usus dan sisanya di dalam neuron otak.

Jika kadar serotonin ini meningkat, maka suasana hati akan menjadi lebih baik dan risiko mengalami depresi serta stres jadi lebih kecil, seperti dikutip dari Livestrong, Kamis (21/6/2012).

Studi yang diterbitkan dalam Neuropsychopharmacology mengungkapkan olahraga yang teratur bisa meningkatkan kadar triptofan dalam otak, yaitu suatu asam amino yang digunakan untuk memproduksi serotonin.

Meski begitu, peneliti belum jelas memahami mekanisme seperti apa yang terjadi. Namun jelas didapatkan bahwa latihan seperti aerobik diketahui dapat meningkatkan suasana hati melalui penambahan jumlah serotonin.

Diketahui beberapa latihan atau olahraga paling efektif dalam meningkatkan sintesis serotonin di otak, antara lain aerobik, berjalan, berlari, bersepeda dan juga berenang. Latihan lain yang juga bisa membantu seperti yoga, pilates, latihan fleksibilitas dan manajemen stres.

Untuk meningkatkan sintesis serotonin di otak diperlukan jumlah latihan yang optimal yaitu 3 jam per minggu atau melakukan olahraga 30 menit per harinya, untuk 30 menit ini bisa dibagi menjadi 3 tahap sepanjang hari yaitu tiap 10 menit.
Share this article :

Posting Komentar

Masih bingung ? Tinggalkan komentar kamu ~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HackStoob | Hack Crack Trick Software - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger