'Virus Flame Disponsori Sebuah Negara'

Senin, 18 Juni 2012 | komentar



Depok - Banyak ahli keamanan jaringan komputer dan internet yakin, ada sebuah negara yang menjadi 'otak' di balik serangan virus Flame yang tengah mengebohkan keamanan global saat ini.

Demikian juga menurut Ketua Digital Analyst Team (DFAT) Puslabfor Bareskrim Polri Muhammad Nuh Al Azhar. Ditemui usai peluncuran bukunya, 'Digital Forensic: Panduan Praktis Investigasi Komputer', dia ikut urun pendapat soal masalah ini.

"Banyak penelitian keamananan menyebutkan Flame sejatinya memang disponsori suatu negara. Karena melihat script yang kompleks dari Flame itu kalau komunitas kecil tak akan mampu membuat," kata Nuh di Depok, Senin (18/6/2012).

Petunjuk lain yang mengarah pada dugaan Flame disponsori suatu negara, yakni objek yang ditujunya jelas. Seperti fasilitas nuklir dan minyak Iran. "Kalau virus biasa kan menyebar. Kalau Flame ini objeknya menyempit, jadi khusus menargetkan sesuatu," ia meyakini.

Meski virus komputer ini mengancam negara-negara Timur Tengah, bukan berarti negara lain di luar kawasan tersebut bisa lengah. Termasuk Indonesia, menurut Nuh, perlu turut waspada.

"Indonesia termasuk agak lambat. Kita punya jaringan komputer yang lumayan luas tapi saya tak menjamin masalah security-nya," kata Nuh.

Seperti diketahui, sejumlah analis keamanan jaringan menyebutkan bahwa di era digital seperti sekarang, penyerangan terhadap suatu negara atau lawan politik tidak harus dilakukan dengan senjata, namun sudah memanfaatkan malware alias program jahat.

Virus Stuxnet, Duqu, dan yang terbaru Flame, adalah contoh dari serangan cyber yang disinyalir kuat bermuatan politis. Hingga saat ini memang belum terkuak secara jelas siapa pembuat virus-virus tersebut. Namun Amerika dan Israel disebut-sebut ikut bersekongkol menciptakan senjata cyber ini.
Share this article :

Posting Komentar

Masih bingung ? Tinggalkan komentar kamu ~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HackStoob | Hack Crack Trick Software - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger