Teknologi V2H Toyota Membuat Prius Jadi Genset

Sabtu, 09 Juni 2012 | komentar

Jakarta - Keberadaan baterai mobil listrik sepertinya tidak lagi hanya difokuskan untuk daya mobil itu sendiri. Namun, belakangan ini baterai tersebut juga bisa berguna untuk kebutuhan lain, misalnya untuk kebutuhan rumah tangga.

Sebelumnya ada Mitsubishi i-MiEV dan Nissan Leaf yang baterainya bisa digunakan untuk kebutuhan memasak dan lain sebagainya. Nah, sekarang giliran Toyota lewat produk Prius juga melakukan hal yang sama.

Untuk sementara, Prius versi ini hanya diproduksi untuk pasara dalam negeri Jepang saja.

Dilansir oleh Gizmag, sistim Toyota Vehicle-to-Home (V2H) menawarkan isi ulang baterai 2 arah antara Prius dengan baterai yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah.

Memang tidak bisa berharap bahwa baterai di mobil listrik bisa menggantikan seluruh kepasitas listrik di rumah. Namun, setidaknya bisa digunakan untuk menyalakan lampu dan kipas angin di saat listrik padam.

V2H adalah bagian dari proyek Toyota yang bekerjasama dengan pemerintah untuk membuat sebuah rumah pintar yang hemat energi. Jadi selain memanfaatkan sistim V2H ini, rumah tersebut juga dilengkapi dengan panel surya dan teknologi lainnya yang buat hemat listrik dan ramah lingkungan.

Dengan kemampuannya ini, pemilik Prius bersistem V2H di Jepang juga diharapkan bisa ikut mengurangi beban listrik yang memang sampai saat ini masih kekurangan akibat penutupan PLTN menyusul tragedi nuklir tahun 2011 lalu.
Share this article :

Posting Komentar

Masih bingung ? Tinggalkan komentar kamu ~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HackStoob | Hack Crack Trick Software - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger